Senin, 03 Oktober 2011

Mau awet muda? Simak 4 teknik senam pernapasan ini..


Pagi-pagi saya membaca buku pernapasan untuk kesehatan yang ditulis oleh master Senam Pernapasan Jos Usin. Bukunya memang sudah buku kuno, aku yakin sekarang sudah tidak terbit sebab yang aku pegang pun cetakan ke V terbitan tahun 1979. Beruntung saya mendapatkan banyak inspirasi dari buku berharga ini. Salah satunya adalah empat metode senam yang berfokus pada bagaimana manusia mensyukuri organ pernapasannya.

apa pentingnya belajar senam pernapasan?

Pertanyaan diatas dijawab secara terang benderang oleh tabib legendaris asal negerti tiongkok, Khe HUng, dalam kitab ketabiban yang terkenal di shanghai abad ke 3 (281-361 M), “Jika manusia mempraktekan pernapasan secara sempurna (volume nafas besar), mereka akan bebas dari penyakit. Bila mereka sering gerak badan, mereka tidak mudah menjadi tua. Tubuh manusia berada dalam udara, dan udara berada dalam tubuh manusia. jadi udara merupakan makanan utama bagi kehidupan manusia. bagi mereka yang mahir dan dapat mengusai teknik pernapasan selain badanya sehat, terhindar dari berbagai penyakit, serta kuat menahan lapar, ia juga akan dapat mencapai usia yang panjang”.
Pada pernyataannya yang lain, Khe Hung juga menyatakan bahwa, “Obat-obatan memang berkhasiat untuk menghilangkan penyakit, tetapi bila disertai dengan menghirup hawa bersih sebanyak-banyaknya, khasiat kesembuhan akan lebih cepat. Bahkan dengan menghirup udara bersih saja sudah cukup untuk membebaskan diri dari gangguan penyakit, jika tidak ada obat”.

Senam Pernapasan juga disarankan dokter

Ahli paru paru dari Bandung, dr. H. A. Rotinsulu, menyatakan bahwa, “obat batuk hanya dapat meringankan penyakit sedangkan udara bersih dapat menyembuhkannya”. Secara pelajaran IPA di SMA pun sebenarnya kita bisa paham mengapa Senam Pernapasan itu penting. KIta tahu bahwa oksigen merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam banyak proses metabolisme tubuh.
Lebih-lebih pada proses pengaturannya di otak. Otak kekurangan oksigen sekian detik saja, sudah jutaan selnya mati sehingga memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh secara total. Maka, mekanisme pernapasan yang bagus diharapkan bisa memberikan support terbaik atas ketersediaan oksigen dalam tubuh secara optimal.
Lalu bagaimana sih empat teknik Senam Pernapasan itu?
Sebelumnya kami sampaikan, pertama, terutama bagi anda yang sedang menderita hernia, TBC, dan darah tinggi. Pada golongan tersebut disarankan mengkonsultasikan diri terlebih dahulu manakala ingin melatih pernapasan sebab dikhawatirkan bisa memunculkan kontra indikasi yang fatal. Ke dua, Latihan diharapkan dari step I dulu dua sampai 3 minggu, baru melanjutkan ke teknik lanjutannya [kecuali anda sudah berpengalaman melatih pernapasan] serta harus urut dari step I- IV alias tidak boleh meloncat-loncat.
  1. ambil posisi duduk yang rileks, punggung ditegakkan, usahakan memilih waktu pagi setelah subuh serta dalam keadaan cuaca tidak lembab (tidak disarankan pada malam hari).

  2. mula-mula ‘kuras’ dulu udara kotor yang mengendap pada paru-paru anda, caranya anda menarik napas tiga hitungan, lalu hembuskan sebanyak-banyaknya sambil bersuara, “AAAAA…….” (suara A sebagai suatu kontrol hembusan sekaligus melatih pita suara anda). Ulangi sebanyak tiga kali atau dirasa cukup.

  3. Senam pernapasan tingkat 1 disebut pernapasan berirama I hitungan 1 : 2 (satu berbanding dua). Artinya, perbandingan hitungan ketika anda menghirup napas dengan menghembuskannya adalah satu dibanding dua. Misalkan anda menghirup 4 hitungan dengan hidung, maka anda menghembuskannya sebanyak 8 hitungan menggunakan mulut. Awali dengan 3 hitungan menghirup dan 6 hitungan melepaskannya selama 2-3 minggu. Boleh kombinasi pernapasan dada dan perut.

  4. Kalau sudah lancar menggunakan teknik pernapasan berirama I dengan tidak disertai keadaan jantung berdebar-debar, perasaan mau pinsan, berkunang-kunang, maka bisa dilanjutkanpernapasan berirama II dengan perbandingan 1 : 1. Bedanya dengan Senam Pernapasan tingkat 1, selaian perbandingan hitungannya juga pada penggunaan hidung baik menghirup maupun menghembuskannya. contoh, hirup 6 lalu hembuskan 6 hitungan sampai dilatih mendekati 30 hitungan.

  5. Pernapasan berirama III muncul kombinasi menahan udara di paru paru. Sehingga perbandingan hirup,tahan di paru-paru, lalu hembuskan adalah 1:1:1 atau boleh kombinasi 2:4:2Senam Pernapasan tingkat tiga ini TIDAK DISARANKAN bagi yang belum menguasai benar-benar tingkat I dan tingkat II sebab bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru serta organ yang berkaitan dengannya.

  6. Pernapasan berirama tahap ke IV, tahap lanjut, bentuknya kombinasi antara hirup, tahan napas, hembuskan, tahan paru-paru agar kosong sebentar dengan perbandingan 2:1:2:1. Senam Pernapasan tahap IV itu artinya kita menghirup 6 hitungan, tahan sebentar 3 hitungan, hembuskan 6 hitungan,tahan paru-paru kosong 3 hitungan dan seterusnya.
Senam Pernapasan juga sangat baik buat melatihan kekuatan otot manusia. Kombinasi Senam Pernapasan dengan teknik senam lain seperti tai Qi Kuan juga bagus. Intinya pada berbagai jenis latihan adalah ketekunan. Jos Usin telah membuktikannya sendiri, dari awalnya sebagai lelaki dewasa yang sakit-sakitan sampai jadi lanjut usia yang tetap sehat panjang umur. Selamat berlatih… sumber :rajabekam.info

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. satu tulisan yg cukup baik tapi, maaf kuran detail karena tidak disertakan cara pengelolaan pikiran saat melakukan pernafasan dan itu penting. sekian thanx.

    BalasHapus